Visualisasi Data

Akhir akhir ini saya sedang menikmati mini riset saya tentang bagaimana cara memvisualisasi data. Visualisasi data menurut saya akan menjadi salah satu mileston dalam karir saya, dengan secepatnya mengadopsi untuk kemudian menaplikasikan kemampuan ini maka akan banyak membantu saya untuk menunjang kebutuhan analisis analisis yang saya lakukan di kemudian hari.

Terbukti dari empat bulan belajar otodidak, saya menilai secara subyektif sudah ada peningkatan cukup signifikan dalam diri saya dalam hal menampilkan data (visualisasi data). Berikut ini saya tampilkan beberapa hasil visualisasi data yang berhasil saya buat.

Dasboard Covid-19

Saya membuat dasboard ini sedikit iseng dan karena saya terpukau dengan apa yang dilakukan oleh Jhon Hopkins Universiti yang dasboardnya kini mendunia (atau setidaknya) menjadi viral di Indonesia. Menurut saya issu Covid-19 yang menjadi bahan perbincangan global ini membawa pengetahuan dan awareness masyarakan akan keberadaan dan pentingnya Dasboard meningkat secara signifikan. Terbukti dalam waktu yang relatif singkat berkembang dengan pesat dasboard dasboar serupa yang memperlihatkan gambaran kejadian Covid-19.

Sejarah dan Kejadian Banjir di Jakarta

Niatan saya membuat dasboard ini adalah mengawinkan knowledge product dengan historis kejadian bencana banjir di Jakarta yang memang pada sat saya membuat dasboard ini sedang terjadi banjir besar besaran di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020.