[Opini] Pengalaman menggunakan Aplikasi Notion

37
0

Masih dalam runutan tulisan saya soal catat mencatat, topik ini menjadi sangat penting karena menurut saya kebiasaan ini akan menjadi al penting yang harus saya improve terus. perkembangan metode menulis yang saya lakukan (baca posting sebelumnya), membawa saya untuk mencoba mencatat dengan menggunakan aplikasi Notion.

Jika dilihat secara sekilas Aplikasi Notion sebenarnya masih serupa dengan aplikasi pencatat lainnya, hanya saja satu hal yang membuat saya berminat untuk menggunakan Notion adalah dari sisi kostumisasi yang lebih bebas, namun hal ini juga yang kemudian membuat saya baru menggunakan Notion beberapa bulan ini karena kebebasan kostumisasi tersebut menyebabkan Notion cukup rumit bagi saya yang sudah terlanjut terbiasa dengan aplikasi pencatat sederhana seperti Google Keep dan One Note.

Sekilas tentang Notion

Secara ringkas Notion dapat dikatakan sebagai aplikasi yang lengkap yang bisa dimanfaatkan sebagai perangkat untuk pengelola project, serta mencatat dalam sebuah database yang mudah untuk dibuat tanpa adanya pemahaman tentang koding.

Tampilan Grafis Notion termasuk Unik dan sederhana, hal ini juga menggambarkan tampilan grafis Aplikasi yang sederhana (Sumber Gambar Notion)

Catatan yang kita buat bisa berupa catatan rapat, laporan atau berbagai kategori catatan lainnya dan uniknya di sini kita bisa mengelolanya dalam sebuah tabel atau list catatan yang rapi. Sistem pencatatan dalam Aplikasi Notion berbeda dengan yang aa di One Note yang sederhana selayaknya sebuah Binder saja. Masing-masing catatan dalam Notion bisa kita buatkan keterkaitan satu dengan lainnya bahkan bila sebuah catatan memiliki database catatan lain bisa juga dibuat dalam Notion ini.

Kemampuan Notion dalam mengelola catatan pada beberapa bulan terakhir juga semakin ditingkatkan dengan kehadiran Kecerdasan Buatan Generatifnya yang sama seperti ChatGPT namun pengetahuan yang digunakan berdasarkan catatan yang ada dalam akun kita sendiri. Hal ini yang kemudian menguatkan saya untuk mengeksplorasi Notion lebih jauh lagi.

Cara Saya Memanfaatkan Fitur di Notion

Banyak fitur Notion yang belum saya manfaatkan sepenuhnya. Fitur yang paling saya hargai adalah efisiensi yang ditawarkan Notion dalam membuat catatan, berkat beragam Template yang tersedia dan kemudahan dalam membuat template kustom yang sesuai dengan kebutuhan pribadi. Berikut ini saya tampilkan sekilas catatan kerja saya di Project yang saya kerjakan sekarang. Ditampilkan pula di pojok kanan bawah saya mencoba berinteraksi dengan Notion untuk menjawab pertanyaan saya yang berkaitan dengan isi dalam project yang sedang saya jalankan.

Dari jawaban yang diberikan memang masih belum begitu sempurna karena AI yang ada di Notion saat ini masih versi Beta yang harapannya saat sudah rilis secara utuh dapat membantu kita dalam mencari dan meringkas pertanyaan kita berdasarkan catatan yang sudah kita buat.

Tampilan aplikasi Notion pada saat saya berinteraksi dengan AI nya

Selain menyediakan chat AI untuk menjawab pertanyaan berdasarkan catatan, AI yang ada di Notion pun saya coba manfaatkan untuk mengotomatisasi proses perangkuman catatan yang saya buat. Jadi di setiap catatan rapat saya yang biasanya dalam beberapa rapat menarik akan menghasilkan catatan yang cukup panjang, dengan AI yang tersedia di Notion akan secara otomatis merangkum catatan saya.

dewaputuam
WRITTEN BY

dewaputuam

I'm a Disaster Analyst, Agro-Climatologist, and GIS Analyst. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe reading too.

Leave a Reply

Total
0
Share

Discover more from Dewa Putu AM

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading