Dark Light
Thomas Crapper (Sumber: Wikipedia)

Beberapa waktu lalu Bill Gates, orang terkaya nomor 2 di Dunia saat ini menuliskan sesuatu yang menarik dalam Story akun Instagram resminya @thisisbillgates. Dalam seri yang ia beri tajuk “9 things that surprised us” tersebut satu yang paling menarik adalah Fakta bahwa sudah 139 tahun lamanya design toilet tidak ada perubahan secara signifikan. Bentuk toilet U (leher toilet berbentuk U atau bisa juga disebut sebagai U-bend trap) agar bau tetap terjebak di dalam karena terhalang air yang ada pada toilet-toilet modern saat ini ternyata ditambahkan oleh Thomas Crapper pada tahun 1880, yang dalam hal ini merupakan perubahan signifikan terkahir dalam design toilet. Design toilet miodern sebenarnya telah dipatenkan oleh Thomas Crapper pada tahun 1775, namun baru diproduksi secara masal pada tahun 1800an.

Dalam tulisannnya yang berjudul “We didn’t see this coming” Bill dan Melinda Gates juga menjelaskan tentang usaha mereka beserta para saintist dan insinyur untuk mendesign sesuatu yang mereka sebut sebagai Next Gen Toilet. Toilet ini di design untuk mengolah dan mengurai feses manusia menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti pupuk bahkan air untuk cuci tangan (terdengar ekstrim ya hehehe).

Bill Gates dan Next Gen Toilet nya (Sumber: Gatesnotes.com)

Permasalahan toilet, atau MCK secara umum memang terlihat remeh namun, permasalahan ini merupakan permasalahan yang kompleks dan bila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan akibat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena permasalahan ini sekitar 800 ana-anak terbunuh setiap hari, hal ini akan kian kompleks bila terjadi di kalangan yang dibawah garis kemiskinan dan yang baru saya sadari dalam dua tahun ini masalah terkait MCK juga besar pengaruhnya pada para pengungsi Bencana Alam. Kurangnya sarana MCK yang baik baik dari segi kualitas barang maupun manajemennya akan berdampak pada penyebaran penyakit dan permasalahan sosial yang saya temui dalam kebencanaan masalah sosial tersebut dapat berupa pelecehan seksual hingga pada perkosaan.

Masalah MCK bukanlah masalah sepele belaka, masalah ini kompleks dan membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Permasalahan MCK bukan hanya pada mendesign sebuah ruangan yang nyaman untuk buang hajat dan kemudian mengolah nya menjadi objek yang menjangkau privasi pribadi seorang manusia semata. Lebih dari itu, solusi perbaikan sistem MCK juga perlu menjangkau sisi sosial dan budaya.

Perbaikan sistem penanganan bencana yang beberapa bulan terakhir sedang di godok oleh pemerintah tidak boleh mengesampingkan masalah sistem MCK kita #sekedarmengingatkan. Penanganan bencana yang baik akan menjadi omong kosong bilamana permasalahan terkait MCK masih saja menjadi permasalahan yang dibahas dalam rapat rapat #curcol. Maslah MCK bukan hanya penyediaan toilet portabel yang panas dan pengap itu, tetapi lebih dari itu. Yah semoga permasalahan toilet dan MCK pada umumnya dapat teratasi dengan baik dalam beberapa tahun ini #semoga dan saya yakin kita akan kearah sana. Bahas toilet seperti ini saya jadi teringat masa kecil dimana saya buang hajad berhadap hadapan dengan Babi yang super besar. Saling bertatap muka dan bertegur sapa sembari membicarakan tentang kehidupan yang sulit. Meski si babi saat itu sedang di Ikat si, tapi itu sekarang sudah lebih baik, saat terakhir say kunjungi rumah saudara saya tersebut sekarang sudah ada toiletnya hehehe.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah “Akankan setelah 139 tahun tiada perubahan signifikan pada design Toilet Modern akan Bill Gates dan timnya pecahkan, atau akan kah orang laing yang akan menjawab tantangan mereka ini lebih dulu?

Oia sekian dari saya, semoga tulisan ini bermanfat walau tipis tipis manfaatnya tak apa lah. dan semoga per MCK an kita semakin sehat dan berjaya. tapi kalau untuk mengolah airnya menjadi air cuci tangan masih tidak rela sayah hahahaha,.. horor e. Akhir kata dari saya

Salam

Dewa Putu AM.

Featured photo created by mrsiraphol - www.freepik.com

Leave a Reply

Related Posts
Total
1
Share