Dark Light
(AFP/Aman Rochman) This photo was published in thejakartapost.com

Salamat malam semuanya. Sebelum saya melanjutkan tulisan ini ijinkan saya untuk mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian Erupsi Gunung Semeru pada tanggal 4 Desember 2021. Kepada para korban dan semua masyarakat yang terpapar oleh bahaya dari Erupsi Gunung Semeru semoga diberikan kekuatan dan juga perlindungan dari Tuhan YME agar dapat melalui ini semua.

Dan bagi para pejuang kemanusiaan yang sedang berjuang di sana, semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas tugasnya.

Seperti yang kita ketahui bersama dan juga tentunya telah beredar di banyak pemberitaan baik daerah, nasional maupun di jejaring media sosial telah terjadi erupsi/ letusan di Gunung Semeru. Secara administratif Gunung Semeru termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Letusan terjadi pada tanggal 4 Desember 2021, berikut ini adalah kutipan langsung dari rilis resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi – Badan Geologi.

Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) di G. Semeru, pada tanggal 4 Desember 2021. APG merupakan karakteristik ancaman khas G. Semeru, yakni berupa awan panas yang berasal dari ujung aliran lava pada bagian lereng gunung. Endapan APG terdiri dari material batuan bersuhu tinggi 800o-900o celcius yang bergerak ke arah lereng tenggara G. Semeru sejauh ± 4 km dari puncak, atau ± 2 km dari ujung aliran lava. APG memasuki lembah Sungai Kobokan dan berinteraksi dengan air sungai beserta material lama yang terdapat di dalam badan sungai, membentuk aliran lahar sepanjang aliran Sungai Kobokan.
(Sumber PVMBG)

Setelah erupsi terjadi berbagai pemberitaan muncul dari berbagai sudut pandang. Kebanyakan memberitakan mengenai dampak dari Erupsi yang ternyata menyebabkan korban jiwa dan banyak korban luka. Dari sekian banyak pemberitaan, beberapa juga ternyata membahas berbagai tema lainnya dari yang bersifat teknis keilmuan hingga pada pemberitaan yang justru ke arah tema mistis. Kalau dilihat area pembahasannya mengenai kejadian apa pun polanya memang seluas itu ya :).

Yah meskipun patut saya sadari juga bahwa semua informasi yang diproduksi itu tentunya memiliki pasarnya masing-masing termasuk hal-hal yang bersifat mitos-mitos tadi . Tetapi pada tulisan ini saya tidak ingin membahas hal itu. Saya justru ingin mengajak berdiskusi pada teman-teman pembaca untuk mencoba menjawab sebuah pertanyaan besar.

Informasi apa yang dicari oleh orang pada situasi saat ini? yang tentunya informasi yang terkait dengan Erupsi Gunung Semeru yang sedang terjadi. 

pendekatan untuk mencoba memahami Informasi apa yang dicari oleh masyarakat mengenai kejadian ini?

Bahu-membahu para pejuang kemanusiaan (Sumber Gambar: 1 day ago CNN Indonesia )

Sebelum memasuki pada jawabannya, saya akan coba bercerita sedikit tentang pendekatan yang digunakan. Saya mencoba menerapkan apa yang saya pelajari dari sebuah buku Every Body Lies, Apa yang Internet Ungkap Tentang Siapa Sebenarnya Kita karya Seth Stephens yang pernah saya tulis sedikit ulasannya di tautan ini.

Ada beberapa pendekatan yang dapat kita lakukan untuk memahami apa yang sebenarnya dipikirkan oleh orang-orang. Terlebih di jaman internet di mana semua informasi dan data tersebar dengan bebas dan mudah diakses oleh banyak orang. Mungkin kalian tidak akan kaget kalau saya sebutkan “posting an kita di Facebook, Twitter, dan berbagai platform media sosial” kurang begitu baik untuk digunakan.

Dari buku itu mengatakan bahwa kita cenderung memoles apa yang akan kita posting sedemikian rupa sehingga tidak jarang apa yang kita tuliskan dan bagikan pada setiap platform tersebut kurang begitu bisa menggambarkan diri kita yang sebenarnya. Sesuai dengan taggar dari buku ini “Everybody Lies”.

Tetapi jangan khawatir, tidak semua informasi yang terhampar bebas akses di internet tidak dapat kita manfaatkan karena kita cenderung tidak jujur dengan apa yang kita tulis. Ada satu kotak isian formulir di internet yang secara ajaib membuat kita berkata jujur tentang diri kita dan apa yang sedang kita pikirkan dan tanyakan.

Sebuah kotak kosong di mesin pencarian “Google”.

informasi tentang Gunung Semeru mulai banyak dicari lagi

Berikut ini saya akan mencoba menganalisis dengan menggunakan tools dari Google Trends dengan kata kunci “Gunung Semeru”. Pada dasarnya saya ingin mencoba memahami pencarian orang-orang yang terkait kata kunci “Gunung Semeru”. Analisis ini saya kunci pada periode waktu 7 hari terakhir dari tanggal 29 November hingga 6 Desember 2021. Jika kita lihat pada grafik yang saya sisipkan terlihat bahwa akibat terjadinya erupsi Gunung Semeru, antusias orang untuk mencari informasi mengenai Gunung Semeru melonjak drastis.

Pola seperti ini akan muncul setiap terjadi bencana besar. Orang-orang cenderung akan antusias mencari informasi mengenai kejadian bencana tersebut tentunya. Pola-pola seperti ini selalu saya temukan pada setiap kejadian bencana besar seperti yang terjadi di Gempa Lombok, Gempa Palu, dan Tsunami Selat Sunda. Untuk bencana-bencana lainnya saya rasa akan memiliki pola yang sama yang mana akan meningkat dengan curam saat terjadi, dan terjun kembali dalam waktu yang singkat (semacam latah).

Kebanyakan orang yang mencari informasi tersebut berdasarkan wilayah administrasinya paling banyak berasal dari Provinsi Terdampak (Jawa Timur) dan Kabupaten Sumbersuko, Sutojayan dan Turen. Informasi ini sepertinya dicari oleh masyarakat sekitar sana untuk lebih memahami apa yang terjadi dan mengetahui sampai sejauh mana dampak dari erupsi yang terjadi. Hal ini diperlukan untuk memastikan kondisi dan keselamatan keluarga dan kerabat mereka yang ada di lokasi.

Secara detail, berikut ini adalah sebaran lokasi orang orang yang mencari informasi mengenai Gunung Semeru dalam 7 hari terakhir.

Berikut ini adalah list Kabupaten/Kota dengan jumlah pencarian terbanyak dalam 7 hari terakhir yang berkaitan tentang “Gunung Semeru”

  1. Sumbersuko
  2. Sutojayan
  3. Turen
  4. Kademangan
  5. Lumajang
  6. Kanigoro
  7. Mejayan
  8. Desa Janget
  9. Kepanjen
  10. Tulungagung

Informasi Apa yang sedang banyak dicari oleh mereka?

Lebih dalam lagi. Kita coba melihat kira-kira informasi seperti apakah yang sedang dicari oleh masyarakat saat ini. Jika berkaca dari kejadian bencana-bencana lainnya. Topik informasi yang dicari biasanya akan berubah seiring dengan berjalannya waktu penanganan.

Berkaca dari kejadian bencana sebelumnya yang sempat saya amati polanya, pada awal kejadian biasanya masyarakat akan banyak mencari informasi mengenai waktu, lokasi persis suatu peristiwa hingga pada cakupan wilayah terdampaknya. Pada waktu berikutnya informasi mengenai jumlah korban mulai mendominasi pencarian. Dan kemudian beberapa waktu berikutnya masyarakat mulai mencari bagaimana cara untuk memberikan bantuan.

Berdasarkan apa yang ada sekarang, dapat kita lihat bahwa pola pencarian informasi masih pada topik-topik mengenai waktu dan lokasi kejadian. Beberapa topik terkait Gunung Semeru yang banyak di cari meliputi:

  1. 4-Dec (Informasi Waktu)
  2. Meletus Casualty (Informasi Dampak)
  3. Volcanic eruption (Informasi Mengenai Kejadian)
  4. Kabar Lumajang (Informasi Lokasi)
  5. Explosion (Informasi Skala Letusan)
  6. Lumajang Regency (Informasi Lokasi)

Dan jika kita coba telusuri lagi kata kunci kata kunci populer yang muncul pola yang serupa yang lebih condong ke arah pemahaman lokasi. Berikut ini adalah detail kata kunci terkait yang sedang banyak dicari saat ini.

  1. gunung semeru meletus 4 desember 2021
  2. korban erupsi gunung semeru
  3. video gunung semeru meletus
  4. peta lumajang
  5. peta lumajang gunung semeru
  6. video gunung semeru meletus hari ini
  7. letusan gunung semeru hari ini
  8. pray for semeru
  9. korban gunung semeru meletus
  10. update gunung semeru
  11. kabar gunung semeru terkini
  12. korban gunung semeru 2021
  13. peta gunung semeru lumajang jawa timur
  14. kondisi terkini gunung semeru
  15. gunung semeru sebelum meletus
  16. gunung semeru meledak
  17. info gunung semeru meletus
  18. gunung semeru hari ini 4 desember 2021
  19. erupsi gunung semeru 4 desember 2021
  20. korban meninggal erupsi gunung semeru
  21. korban meninggal erupsi gunung semeru bertambah jadi 14 orang
  22. situasi gunung semeru saat ini
  23. lumajang daerah mana
  24. korban gunung semeru meletus hari ini
  25. youtube gunung semeru meletus

Jika melihat dari list di atas, terlihat bahwa saat ini banyak masyarakat kita selain mencari informasi umum tentang kejadian dan korban ternyata juga sedang banyak mencari video-video mengenai kejadian erupsi. Selain itu, Pencarian informasi mengenai peta lokasi kejadian ternyata cukup tinggi dan menempati posisi 4 dan 5 pencarian. Dan ada satu pertanyaan yang ternyata banyak dicari oleh orang-orang sekarang yakni “Lumajang Daerah mana?”.

Berdasarkan informasi-informasi ini sepertinya dapat coba kita pelajari, apakah apa yang ada diberita saat ini sudah sesuai dengan permintaan informasi yang sedang berkembang di masyarakat. Sepintas saya melihat apa yang disediakan dan disebarkan saat ini ada yang sesuai dan ada yang masih kurang sesuai.

Yah termasuk tulisan ini juga sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang dicari. Jarang ada yang cari informasi tentang apa yang dicari orang bukan. 🙂 tapi akan lebih indah dan efektif bila kita memperhatikan ke semua itu saat menulis sebuah tulisan baik dalam bentuk pemberitaan, rilis resmi dan sebagainya.

Saya rasa cukup sekian tulisan saya hari ini. Semoga bermanfaat bagi teman teman pembaca sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan pengucapan.

Salam

Dewa Putu A.M.

Sumber Feature Video sengaja saya sandur dari Video pendakian dari Fiersa Besari dalam Video Berjudul Tapak Tilas part 2 (Gunung Semeru, Jawa Timur) Menit ke 9:00 sampai Menit ke 9:40 (Sep 19, 2018)

Leave a Reply

Related Posts
Total
0
Share