[Runner] Pengalaman Pertama Mengikuti Trail Running

13
0

Sebagai pengalaman pertama mengikuti Trail Run, Bali Trail Running (BTR) 2024 menyisakan berbagai kenangan. Dari saya yang memang tidak ada target yang begitu besar, setidaknya saya berharap dapat menyelesaikan lari lintas alam (Trail Run) pertama saya sebelum batas waktu yang ditentukan panitia.

Karena baru pertama kali saya pun memilih kelas yang menurut saya masi masuk akal untuk saya jalani yaitu 15 KM dengan cut off time 6 jam kemudian diperpanjang panitia menjadi 7 jam. Menurut saya, meskipun sudha beberapa kali berlari dengan jarak setengah marathon atau 21 KM, saya masih belum percaya diri untuk menempuh jarak yang lebih jauh terlebih ini merupakan Trail Run yang jalurnya tentu jauh lebih ekstrim dibandingkan Road Run yang biasa saya lakukan.

Sekedar gambaran, BTR 2024 diadakan Kawasan Batur, Kabupaten Bangli, Bali pada tanggal 11-12 Mei 2024. Sebenarnya ada beberapa kelas jarak yang diselenggarakan baik 85K, 55K, 30K dan yang saya pilih 15K serta satu lagi kategori 7K.

Dari pengalaman pertama saya di trail run setidaknya ada beberapa catatan yang menurut saya perlu saya koreksi ketika akan ikut trail run berikutnya.

Persiapan Sebelum Lari, Latihan dan Peralatan

Untuk persiapan sebelum lari, pada dasarnya sama dengan olah raga dan mungkin kegiatan lainnya yang perlu disertai dengan latihan yang konisten. Berbeda dengan road run yang memiliki jalur rata dan keras, trail run memiliki jalur yang beragam dari jalanan aspal, berpasir, krikil menanjak dan turunan yang ekstrim.

Latihan ketangkasan kaki kaki kita diperlukan, agar pergerakan kaki kita dapat beradaptasi dengan kondisi jalur yang beragam tersebut harapannya ketika race lebih bisa menyesuaikan segala kondisi jalur tidak mengalami cidera serius.

Peranlatan mandatori itu wajib kita pastikan terpenuhi. beberapa diantaranya adalah Vest atau Belt yang dikhususkan untuk kegiatan lari. Di sini yang menurut saya sedikit mis karena saya memiliki sabuk untuk menyimpan air minum dan peralatan yang sebenarnya untuk sepeda sehingga agak longgar ketika diajak untuk lari. AKhirnya dalam banyak kesempatan lari saya sabuk yang saya pakai melorot, di beberapa foto mungkin terlihat ya.

dewaputuam
WRITTEN BY

dewaputuam

I'm a Disaster Analyst, Agro-Climatologist, and GIS Analyst. I like drawing, writing, playing guitar, gardening, and maybe reading too.

Leave a Reply

Total
0
Share

Discover more from Dewa Putu AM

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading